Senin, 07 Mei 2012

Jalan Jalan Surabaya

Jalan Jalan Surabaya - Surabaya adalah ibukota Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Dengan jumlah penduduk metropolisnya yang mencapai 3 juta jiwa, Surabaya merupakan pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di kawasan Indonesia timur. Surabaya terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam perjuangan merebut kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah. Ada beberapa tempat menarik yang wajib dikunjungi sbb  :



Monumen Kapal Selam [Monkasel]
Monumen Kapal Selam [Monkasel] , dari namanya saja kita pasti uda tahu apa yang ada di sana, yup, sebuah kapal selam. monumen ini bukan sekedar monumen biasa, melainkan sebuah kapal selam asli milik Angkatan Laut Indonesia yang di pensiunkan pada tahun 1990 dan kemudian dirakit ulang menjadi sebuah monumen untuk mengenang perjuangan Angkatan Laut, khususnya perjuangan kapal selam KRI Pasoepati 410 yang telah bertugas puluhan tahun demi menegakkan kedaulatan Republik Indonesia.

Akses menuju Monkasel [Monumen Kapal Selam] cukup mudah, jika naik kereta dan turun di Stasiun Gubeng kita tinggal jalan kaki, Monkasel terletak sekitar 100 m dari pintu belakang Stasiun Gubeng. jika naik bus turun di terminal Bungurasih, setelah itu naik bus kota jurusan Gubeng-THR.

Tiket masuk Monkasel cukup murah yaitu Rp 2.500 / orang, pertama kita bisa masuk kedalam kapal selam KRI Pasoepati 410. di dalam kapal selam ini ada seorang tour guide yang akan menjelaskan fungsi-fungsi kapal selam beserta sejarah kapal selam tersebut.. KRI Pasoepati 410 memiliki 7 ruangan, ruang komandan (tempat tidur, dan ruang kerja), ruang awak kapal (tempat tidur, dapur, dan ruang makan), ruang mesin diesel, ruang torpedo depan, ruang torpedo belakang, ruang komando (pusat komando), dan ruang mesin listrik. Pemandu akan membawa kita menjelajahi tiap ruangan dan menjelaskan fungsi-fungsi mesin kapal selam serta sejarah seputar kapal selam KRI Pasoepati 410. Setelah puas menjelajah kapal selam KRI Pasoepati 410 kita bisa melanjutkan menuju Video Rama (sebuah bioskop mini) dan menonton film sinematik seputar sejarah Angkatan Laut Indonesia dan partisipasi KRI Pasoepati 410 dalam operasi-operasi militer Angkatan Laut Indonesia.



Masjid Cheng Ho Surabaya
Gedung ini terletak di areal komplek gedung serba guna PITI (Pembina Imam Tauhid Islam) Jawa Timur Jalan Gading No.2 (Belakang Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa),Surabaya.
 
Sekilas Masjid Cheng Ho Surabaya memang mirip kelenteng. Dengan dominasi warna merah, hijau, dan kuning. Ornamennya kental nuansa Tiongkok lama. Pintu masuknya menyerupai bentuk pagoda. Ditambah relief naga dan patung singa dari lilin. Bila dilihat lebih dekat, ada lafaz ”Allah” dalam huruf Arab di puncak pagoda menunjukkan bangunan ini adalah masjid, lengkap dengan beduk di sisi kiri bangunan. Masjid ini dibangun di atas tanah 3.070 meter persegi dan ukuran keseluruhan masjid tidak terlalu besar hanya sekitar 200 meter persegi.
Masjid ini dikelola PITI Korwil Jawa Timur dan Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Indonesia. Berbagai kegiatan keagamaan dilaksanakan di masjid ini, seperti pengajian, tablig akbar, atau majelis taklim.
 
Hampir setiap pekan di masjid ini, biasanya setelah salat Jumat, dua-tiga warga keturunan Tionghoa mengucapkan syahadatain (dua kalimat syahadat) sebagai tanda masuk agama Islam.
 
Masjid ini juga memberi kesempatan kepada umat muslim untuk menyelenggaran prosesi akad nikah, termasuk penulis sendiri yang telah menikah tahun 2010 yang lalu :) .




Monumen Jalasveva Jayamahe
Monumen dengan figur perwira angkatan laut RI dengan ketinggian 25 meter terletak di ujung dermaga kawasan armada timur Ujung Surabaya. Jalasveva Jayamahe yang berarti jaya di laut dan jaya di darat menggambarkan kehebatan nenek moyang bangsa Indonesia dalam mengarungi samudera. Monumen ini kerap disingkat Monjaya, dimana bagian bawah dari monumen ini berfungsi sebagai museum kejayaan bahari Indonesia.

Monumen Jalesveva Jayamahe dibangun tahun 1990 dan diresmikan Desember 1996 oleh Presiden Soeharto. Monumen ini dibangun atas inisiatif Kepala Staf TNI Angkatan Laut Indonesia saat itu, Laksamana TNI Muhamad Arifin, kalau baca - baca di artikel lain monumen ini dirancang oleh seniman Nyoman Nuarta.ya, memang banyak versi berbeda mengenai penjelasan tentang siapa yang membangun monumen ini.




Jembatan Suramadu
Suramadu adalah singkatan dari Surabaya dan Madura. Jembatan ini akan menghubungkan pulau Jawa (di Surabaya) dan pulau Madura (di Bangkalan). Tujuan utama pembangunan jembatan ini tentunya adalah untuk mempercepat pembangunan di pulau Madura,  yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur.

Bila jembatan ini telah selesai dengan sempurna, maka Jembatan Suramadu akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan ini memiliki panjang 5.438 m. Menurut catatan, Jembatan ini akan menjadi satu dari 15 jembatan terpanjang di dunia. 




Museum House of Sampoerna (HoS)
Terletak di Surabaya Lama, kompleks bangunan megah bergaya kolonial Belanda ini dibangun pada tahun 1862 dan saat ini merupakan situs bersejarah yang dilestarikan. Awalnya didirikan sebagai panti asuhan putra yang dikelola oleh pemerintah Belanda, kompleks ini dibeli pada tahun 1932 oleh Liem Seeng Tee, pendiri Sampoerna.

Moseum ini menawarkan sebuah pengalaman unik, mulai dari cerita tentang keluarga pendiri Sampoerna sampai melihat dari dekat fasilitas produksi rokok linting tangan dan berakhir dengan pengalaman tak terlupakan melinting rokok kretek dengan menggunakan alat tradisional. Anda dapat bergabung dengan 3.000 wanita dalam pabrik ini yang masing-masing orang dapat melinting lebih dari 325 batang rokok per jam.

Pihak pengelola juga menyediakan Heritage Tour menggunakan bus yang di desain khusus untuk mengantar para pengunjung jalan-jalan ke tempat-tempat bersejarah di Surabaya.


Jalan-jalan ke Kampung Ilmu Surabaya

Surabaya tidak hanya terkenal dengan wisata kulinernya yang khas seperti rujak cingur, lontong kupang, dan tahu campur. Di bidang pendidikan, Kota Pahlawan ini juga memiliki wisata khusus. Yakni, Kampung Ilmu. Lokasinya berada di kawasan Jalan Semarang, tak jauh dari Stasiun KA Pasar Turi.

Kampung Ilmu didirikan oleh peguyuban pedagang kaki lima (PKL) yang menjual buku-buku bekas pada 2008. Pada saat itu Pemkot Surabaya memang gencar-gencarnya menggusur PKL di beberapa lokasi. Termasuk para pedagang buku bekas di Jalan Semarang. Kawasan tersebut dulu memang dikenal sebagai sentra penjualan buku-buku lawas. Tak heran, tempat itu menjadi jujukan banyak mahasiswa dan warga yang ingin berburu buku bekas yang harganya ramah kantong.

Mengapa dinamakan Kampung Ilmu? Alasannya, kawasan tersebut hanya khusus menjual buku-buku, mulai buku umum, buku pelajaran, majalah bekas, hingga komik. Buku adalah guru yang setia setiap saat dalam memberikan ilmu dan pengetahuan. Karena itulah, kawasan itu dinamakan Kampung Ilmu, kampung penuh ilmu, penuh buku.

4 comments:

  • Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
    Unknown says:
    25 Maret 2017 pukul 20.40

    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

  • vakum pembesar penis says:
    25 Maret 2017 pukul 20.43

    Infonya sangat membantu,, terima kasih..

  • hammer of thor asli says:
    25 Maret 2017 pukul 21.38

    mantap bangett

  • AmandaCarl says:
    7 Desember 2017 pukul 13.23

    Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

Posting Komentar