Jumat, 18 Mei 2012

Daftar Taman di Surabaya

Kebun Bibit Wonorejo



Berwisata di kebun ini bukan hanya membuat Anda seolah tidak berada di panas teriknya Surabaya, namun juga memberikan unsur edukasi dalam wisata Anda. Kawasan pembibitan tanaman ini menjadi laboratorium besar bagi anak-anak sekolah yang ingin mengenal nama dan bentuk tanaman, termasuk cara membudidayakan atau membiakkannya dengan stek, biji generatif, tunas baru, dan cangkok.

Sekarang bukan hanya anak-anak sekolah saja yang bisa menikmati fasilitas edukasi ini. Semua pengunjung bisa memanfaatkan petugas khusus yang disiapkan untuk mendampingi dan menjelaskan beraneka tanaman yang ada di sini. Anda pun tak hanya puas berwisata di rimbun dan teduhnya pepohonan, tapi juga mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru tentang ragam hayati.
 
Kebun Bibit Wonorejo
Jl. Kendalsari Wonorejo, Rungkut, Surabaya
Taman Lansia


Fungsi taman kota Surabaya sebagai tempat olahraga, rekreasi warga kota, jalan-jalan, dan menghirup udara segar jauh dari polusi, makin banyak alternatif. Surabaya bahkan telah memiliki taman  lanjut usia atau taman lansia. Area yang dimanfaatkan sebagai taman alternatif untuk para lanjut usia itu berlokasi di Jalan Kalimantan. Area seluas sekira 2.000 m2 eks SPBU Kalimantan itu, di set up menjadi taman yang cantik sekaligus segar.
Beragam tanaman dan bunga cantik menghiasi. Di sela warna-warni tanaman indah itu tersedia track yang khusus dibuat untuk kenyamanan kursi roda para lansia. Ada pula tempat duduk untuk pengantar saat menemani para lansia menikmati suasana kota di pagi atau sore hari. Kesejukan suasana di taman ini kian segar oleh keberadaan air mancur di tengah taman. Kesegaran itu tentu bisa memecah kepekatan polusi udara dari kendaran bermotor yang cukup padat melewati bilangan ini.


Taman Yos Sudarso


Taman Yos Sudarso terdiri dari taman dan pedestrian yang kerap dijadikan jalan kaki warga kota maupun turis mancanegara. Di area taman ini terdapat monumen Panglima Sudirman yang tampak kian gagah diterangi sorot lampu di waktu malam. Para penghobi skateboard kerap menjadikan track di bawah monumen sebagai arena berlatih dan mengadu kemampuan. Bahkan di akhir pekan, sekitar tamanan dan pedestrian ini ramai dikunjungi warga Kota Surabaya untuk sekadar duduk-duduk bersama sanak keluarganya.


Taman Prestasi


Berada di Taman Prestasi bagai menemukan sebuah oase di tengah kota. Taman seluas 6.000 m2 ini dihiasi sekitar 21 jenis tanaman sehingga terasa nyaman untuk melepas penat. Anak-anak pun dapat bermain sambil belajar mengenal lingkungannya. Area ini dilengkapi panggung terbuka, panggung teater, dan sarana permainan anak. Di sini, kita juga dapat menyaksikan replika penghargaan yang pernah diraih Kota Surabaya, seperti Wahana Tata Nugraha, Adipura Kencana, dan lain-lain. Obyek wisata ini juga menawarkan petualangan lain, seperti menyusuri Kalimas dengan perahu naga atau perahu dayung. Bahkan, bagi keluarga yang ingin menikmati suasana asri taman dengan menunggang kuda, telah tersedia kuda-kuda anak-anak. kekar yang siap mengantar.


Taman Bungkul


Revitalisasi Taman Bungkul dengan konsep Sport, Education, dan Entertainment telah diresmikan sejak 21 Maret 2007. Area seluas 900 m2 yang dibangun dana sekitar Rp 1,2 milyar itu pun dilengkapi berbagai fasilitas, seperti skateboard & sepeda BMX track, jogging track, plaza (sebuah open stage yang bisa digunakan untuk live performance berbagai jenis entertainment), akses internet nirkabel (Wi-Fi atau Hotspot), telepon umum, arena green park seperti kolam air mancur, dan area pujasera.
Bahkan, taman ini juga dilengkapi dengan jalur bagi penyandang cacat agar mereka pun bisa ikut berekreasi. Taman yang berada di jalan protokol yakni di Jl. Raya Darmo itu makin bisa dirasakan manfaatnya bagi warga kota metropolitan Surabaya.


Taman Apsari


Taman Apsari memiliki keunikan dibanding kawasan Surabaya lainnya. Taman yang berada di depan Gedung Grahadi itu terasa sejuk dan relatif tenang, meski tempatnya di tengah kota. Area ini di dalamnya terdapat Patung Suryo dan Joko Dolog. Di area seluas 5.300 m2 itu dilengkapi lebih kurang 20 jenis bunga dan tanaman. Di sela bunga dan tanaman itu disediakan jogging track yang nyaman untuk jalan-jalan. Sebagian anak muda bahkan menggunakannya untuk bermain skateboard. Sebagian warga Surabaya yang lain memanfaatkannya sebagai tempat kongkow kongkow semalaman sampai pagi menjelang.


Sumber  : http://www.dkp-surabaya.org

3 comments:

  • Rizal says:
    28 April 2013 17.40

    keren juga taman kotanya

  • khariza ardhi says:
    8 Februari 2014 19.05

    Asik nih taman kota

  • imron item says:
    1 Oktober 2014 19.12

    wah ada danau buatan di wonorejo, anak2 pasti seneng nih
    makasih infonya ya...

Poskan Komentar